KAI Masa Mendatang, Makin Mantap Makin Berkembang

sumber gambar : https://kai.id/media/content/banner_slide_02_20160901_new.jpg
Kiprah Kereta Api Indonesia dalam memudahkan masyarakat Indonesia untuk menempuh perjalanan darat sudah tidak diragukan lagi. Kereta api menjadi alternatif bagi mereka yang lebih menyukai jalanan yang bebas dari macet, sehingga sampai di rumah lebih cepat. Ditambah dengan pelayanannya yang cukup membuat nyaman penumpangnya.

Hal tersebut merupakan salah satu visi dari KAI yang fokus terhadap pelayanan pelanggan. Namun, muncul satu pertanyaan lain yaitu mengapa kereta api masih saja menjadi alternative bagi masyarakat di negeri kita?. Padahal di Negara lain, kereta api sudah menjadi alat transportasi utama. Mari kita telisik lagi lebih dalam permasalahan ini.

Salah satu yang mendasar bagi mereka yang masih menjadikan kereta api sebagai alternative adalah soal waktu keberangkatan. Berbeda dengan layanan transportasi lain yang menyediakan jam keberangkatan yang selalu ada. Sehingga lebih santai kalau pun tertinggal dari waktu keberangkatan.

Tak hanya itu, pelayanan antara stasiun dengan kereta api non ekonomi dengan ekonomi pun berbeda. Pernah teman saya mendapatkan pengalaman yang tak enak saat ke stasiun non ekonomi. Saat itu dia bertanya tentang keberangkatan kereta kepada layanan customer service yang ada. Namun jawaban yang diterima serasa ketus dan menganggap remeh. Beralihlah dia ke stasiun non ekonomi, dan apa yang didapatkan? Pelayanan yang sangat baik dengan ucapan yang ramah. Mungkin itu semua kembali ke individu masing-masing dari setiap pelayanan. Namun imbasnya juga ke nama Kereta Api Indonesia.

Kereta Api Indonesia di masa yang akan datang menjadi layanan kereta api yang tidak dibagi menjadi sebuah kelas ekonomi dan non ekonomi. Sehingga semua kalangan bisa menikmati fasilitas dari layanan KAI tanpa ada kesenjangan sedikitpun. Karena kenyataan yanga ada yaitu embel-embel kelas ekonomi non ekonomi memiliki fasilitas sama yang berbeda hanya waktu tempuh.

Sehingga kereta api Indonesia nantinya menjadi layanan transportasi tanpa perbedaan kelas yang mempunyai fasilitas yang sama yang bisa dirasakan oleh semua kalangan bawah hingga atas. Mungkin masih ada layanan fasilitas kereta api mewah yang notabene-nya disediakan bagi kalangan tertentu. Toh, semua juga balik ke visinya KAI yaitu fokus ke pelayanan terbaik untuk pelanggan. Sehingga semakin mantap kenyamanan yang dirasakan oleh penumpang.

Hal itu juga dibarengi dengan pengembangan infrastruktur yang ada. Seperti halnya Negara maju disana, mereka membuat layanan kereta api dengan teknologi terbarukan. Apalagi saat ini kereta api Indonesia sudah banyak beralih ke kereta api listrik yang memang kecepatan tempuhnya hampir menyamai kereta api di Negara maju lainnya. Dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, kereta api justru relative lebih efisien dalam konsumsi energi dan ramah lingkungan sesuai dengan tujuan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Inilah yang patut kita apresiasi dari kereta api Indonesia yang sudah berusaha mengurangi parahnya polusi udara di Indonesia.

Tak hanya itu, ditambah dengan kecanggihan teknologi informatika yang mendukung layanan kereta api bisa sampai sejauh ini. Seperti layanan KRL, kereta api indonesia nantinya juga bisa mengeluarkan layanan e-cash untuk setiap transaksi. Apalagi saat ini kondisi masyarakat millenial yang lebih suka cara praktis untuk pembayaran. 

Semua ini ditunjang dari segi waktu yang terus berjalan dan permintaan penumpang tentu saja kan semakin banyak. Jika pelayanan dan pengembangan infrastruktur dari kereta api Indonesia semakin mantap dan berkembang, saya yakin kereta api akan menjadi transportasi utama bagi masyarakat Indonesia. Bayangkan saja, ketika kereta api menjadi alat transportasi utama di masa yang akan datang. Sangat membahagiakan. 

Kedepannya, Kereta Api Indonesia akan menjadi transportasi utama yang dipercaya masyarakat Indonesia untuk menempuh perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh. Serta semakin mantap dan berkembang sebagai alat transportasi utama di Indonesia. Dirgahayu KAI ke-72 tahun!

Komentar

Postingan Populer