Nikmati Destinasi Seru Untuk Habiskan Musim Panas di Melbourne


Pemandangan Melbourne di daerah CBD, sumber : www.timeout.com/melbourne


Sebagai kota yang menjadi pusat budaya dari Negara Australia, Melborne menjadi kota favorit yang dikunjungi orang-orang dari penjuru dunia. Tak heran jika kota metropolis satu ini disebut kota dalam golongan All in one city. Pasalnya, Melbourne memiliki sistem pendidikan yang keren, fasilitas umum yang lengkap dan nyaman, serta tempat wisata yang terintegrasi satu sama lain. Melbourne juga sudah selangkah lebih maju seperti Paris, London, Amsterdam, serta Kopenhagen yang juga memperkenalkan layanan sepeda umum. Dari hal itulah Melbourne juga dikenal sebagai kota sepeda. 

Apalagi musim panas pun akan tiba di negara kangguru ini pada bulan Desember hingga Februari mendatang. Pada musim panas atau summer ini, traveller bisa menikmati wisata di Melbourne seperti kebun anggur, pantai, taman nasional, serta padang golf. Musim panas di Australia merupakan musim yang tak boleh sedikit pun terlewatkan. Pasalnya, akan banyak sekali kegiatan yang digelar di sepanjang musim panas. Mulai dari pertandingan kriket kelas dunia, perayaan malam tahun baru, festival musik dimana-mana, serta beragam kegiatan budaya di ruang terbuka.

Bagi kamu yang hobi travelling, jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi Melbourne pada musim panas. Rayakan musim panasmu di ibu kota negara bagian Victoria ini. Banyak sekali tempat hiburan yang menarik dan menyenangkan yang bisa kamu nikmati bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman. Berikut ini 8 destinasi liburan musim panas menyenangkan di Melbourne :

1. Berkeliling dengan trem
Melbourne merupakan salah satu kota yang memiliki panjang lintasan hingga 250 km. Tak heran jika Melbourne dijuluki kota dengan jaringan trem terbesar di dunia. Nah, bagi kamu yang ngaku treveller, wajib hukumnya untuk mencoba berkeliling Melbourne dengan mengendarai trem. Jalurnya pun mengelilingi kawasan Melbourne mulai dari Flinders Street Station, Federation Square, lalu menuju Pelabuhan Victoria, hingga ke Queen Victoria yang merupakan pasar tradisional yang menjual aneka sayur dan bunga-bunga segar. Di Melbourne pun menyediakan Free Tram Zone dimana kamu bisa keliling gratis naik trem keliling kota Melbourne. Asik, bukan?

2. Royal Botanic Gardens
Salah satu taman yang wajib dikunjungi jika kamu berkunjung ke Melbourne yaitu Royal Botanic Garden. Tak hanya sebagai taman yang dipakai untuk perlindungan hewan dan tumbuhan, taman ini kadang digunakan warga sekitar atau turis sebagai tempat menghilangkan penat setelah seharian bekerja. Dan menariknya, pengunjung Royal Botanic pun tidak dipungut biaya masuk alias free entry. Taman ini berada di kawasan Cnr of Ballarto Road and Botanic Drive, Victoria yaitu berada di bagian selatan kota Melbourne.

3. Melbourne Museum
Salah satu landmark-landmark andalan kota Melbourne yang juga menjadi daya tarik wisata adalah Melbourne Museum. Museum ini terletak di kawasan Melbourne Central Bussiness District. Tak perlu khawatir untuk menuju museum, karena kamu bisa naik trem yang sudah disediakan di kawasan Melbourne. Melbourne museum sama halnya dengan museum ilmu pengetahuan yang dikemas secara apik dan tidak membosankan. Selain berbau ilmu pengetahuan, museum ini pun disertai dengan teater IMAX yang menayangkan film-film 3D tentang ilmu pengetahuan dan film-film komersil di bioskop pada umumnya. Wajib hukumnya jika kamu berkunjung ke Melbourne untuk menjejakkan kaki ke museum ini.

4. Menelusuri Sungai Yarra
Sungai Yarra merupakan salah satu ikon kota Melbourne yang mengali sepanjang 240 km. Di area sungai Yarra terdapat berbagai macam kedai-kedai kecil yang biasa digunakan anak muda. Disini pun juga disediakan jogging track buat kamu yang mau olahraga tipis-tipis dengan cuci mata. Kamu juga bisa menikmati sungai Yarra dengan menaiki kapal yang sudah disediakan. Dan fyi, sungai ini juga menjadi sumber air utama di Kota Melbourne.

5. Pantai St. Kilda
Musim panasmu kurang afdhol jika belum jalan-jalan menyusuri pantai di kota Melbourne. Salah satunya yaitu Pantai St Kilda. Pantai ini cukup dekat pusat kota Melbourne, sehingga jika kamu mau ke pantai ini, kamu nggak perlu repot-repot transit. Nama St Kilda sendiri merupakan nama suburb di negara bagian Victoria. Selain dimanjakan dengan keindahan pemandangan pantai, di pantai ini kamu juga dimanjakan dengan banyaknya cafe, bar, serta restoran di sepanjang jalan menuju pantai.


Sebagian besar daerah pinggiran kota di Melbourne memiliki pasar mereka sendiri dimana buah-buahan, sayur-sayuran, produk susu, daging dan ikan dapat dibeli dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih segar. Salah satunya yaitu Queen Victoria Market yang terletak di pusat kota. Sehingga dapat membantu bagi kamu yang ingin berhemat tanpa harus makan di restoran, kamu bisa berbelanja di pasar ini.

Setelah mengenal berbagai wisata kota Melbourne, kita juga perlu mengetahui makanan khas yang disediakan di Melbourne. Ya, meskipun di Melbourne sudah banyak makanan Asia yang merajalela disana, namun cita rasa khas Melbourne pun masih ada. Berikut makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Melbourne. 

1. Lamingtons
Kue lamintongs merupakan kue yang khas di negara kangguru ini. Hampir setiap toko menjual kue ini, tak terkecuali toko-toko yang berada di kawasan kota Melbourne. Kue Lamiingtons secara umum merupakan jajanan dengan ukuran kecil yang dilapisi coklat dan kelapa halus di bagian luar kue.

2. Damper
Salah satu roti soda yang terkenal di Australia yaitu Damper. Terbuat dari tepung gandum, gula, dan teeh yang dimasak dengan arang pada api unggun. Uniknya, damper ini dimasak dengan mengubur adonan pada abu arang selama 30-40 menit. Biasanya untuk makan damper pun bisa dihidangkan dengan menambah sirup atau saus sesuai seleramu.

3. Kopi berkualitas tinggi hanya di Melbourne!
Ngaku pecinta kopi dan traveller tapi belum nyobain kopi khas Melbourne??? Sangat disayangkan!
Jika kamu berkunjung di Melbourne, wajib hukumnya untuk nyobain secangkir kopi khas Melbourne. Pasalnya, Melbourne terpilih menjadi kota yang memiliki kopi terbaik di dunia. Kopi sudah layaknya denyut nadi yang berdenyut di seluruh kawasan Melbourne. 
 
Sebenarnya, masih banyak sekali yang bisa kamu ketahui tentang Melbourne sendiri. Salah satunya yaitu Melbourne telah tercatat sebagai kota yang paling nyaman untuk ditinggali selama tiga tahun berturut-turut. So, nggak rugi kalau kamu travelling ke Melbourne ini. Kamu juga tak perlu khawatir lagi soal perjalanan menuju Australia dari Indonesia. Dikarenakan banyak sekali travel yang menawarkan berbagai varian perjalanan. Salah satunya yaitu H.I.S. yang menyediakan perjalanan ke Australia dengan paket lengkap. Selain itu, pelayanan dari H.I.S pun tak perlu diragukan lagi karena H.I.S memberikan kelebihan kenyamanan untuk pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut untuk perjalanan ke Melbourne bisa menuju laman facebook H.I. S langsung.

Ditunggu cerita perjalanan musim panasmu di Melbourne, ya!

Komentar

Postingan Populer